FORMAT LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN PBL
LEMBAR OBSERVASI
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
BERDASARKAN MASALAH
(PROBLEM BASED LEARNING – PBL)
Petunjuk:
·
Pengamat mengambil
tempat strategis di dalam kelas sehingga dapat mengamati pengelolaan
pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan baik tanpa mengganggu proses
belajar-mengajar yang sedang berlangsung.
·
Pengamat memberikan skor
pada setiap item pengelolaan yang tersedia pada tabel pengamatan.
·
Bila pengamat menemukan
hal-hal penting lain terkait pengelolaan pembelajaran dengan model pembelajaran
berdasarkan masalah ini, tetapi tidak terakomodasi pada tabel, dapat
menuliskannya pada tempat yang tersedia di bawah tabel.
No
|
Fase
|
Tingkah
Laku
Guru |
Tidak
Dilaksana
kan |
Dilaksana
kan
|
Skor
|
1.
|
Orientasi siswa kepada
masalah |
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran |
.
|
.
|
.
|
.
|
.
|
Guru menjelaskan logistik/alat
/bahan yang dibutuhkan |
.
|
.
|
.
|
.
|
.
|
Guru memotivasi siswa agar
terlibat nanti dalam kegiatan pemecahan masalah yang dipilih |
.
|
.
|
.
|
2.
|
Mengorganisasikan siswa
untuk belajar |
Guru membantu siswa
mendefinisikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah |
.
|
.
|
.
|
.
|
.
|
Guru membantu siswa
mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah |
.
|
.
|
.
|
3.
|
Membimbing penyelidikan individu maupun
kelompok
|
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi
yang relevan |
.
|
.
|
.
|
.
|
.
|
Guru membimbing siswa
melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan pemecahan/ penjelasan atas masalah |
.
|
.
|
.
|
4.
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya |
Guru membantu siswa dalam merencanakan dan
menyiapkan
hasil karya seperti laporan, poster, video, atau model |
.
|
.
|
.
|
.
|
.
|
Guru membantu siswa
berbagi tugas |
.
|
.
|
.
|
5.
|
Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah |
Guru membantu siswa untuk
melakukan refleksi terhadap penyelidikan mereka |
.
|
.
|
.
|
.
|
.
|
Guru membantu siswa
melakukan refleksi proses- proses yang telah mereka lakukan dalam memecahkan masalah |
.
|
.
|
.
|
Catatan
Lain tentang pengelolaan pembelajaran:
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
Skor 1 = sangat kurang
Skor 2 = kurang
Skor 3 = cukup
Skor 4 = baik
Skor 5 = sangat baik
............................................
Pengamat,
................................................
NIP
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
Skor 1 = sangat kurang
Skor 2 = kurang
Skor 3 = cukup
Skor 4 = baik
Skor 5 = sangat baik
............................................
Pengamat,
................................................
NIP