-->

format NOTULEN SEMINAR PTK

format NOTULEN SEMINAR PTK




NOTULEN JALANNYA ACARA
SEMINAR LAPORAN HASIL PENELITIAN

Judul : “Upaya Meningkatan Aktivitas dan hasil Belajar  Siswa Materi BanguRuang  sisi datar melalui penerapan Pembelajaran   Kooperatif   Tipe Jigsaw  Kelas VIIIa SMPN 4 Satu Atap Karangrayung Tahun Pelajaran 2016/2017”
Hasil Karya : Eko Suseno, S.Pd
Hari/Tanggal : 15 Mei 2017
Pukul : 12.00- selesai
Tempat : Ruang Kelas IX a SMPN 4 Satu Atap Karangrayung

Jalannya acara seminar :
1 Pembukaan : moderator membuka acara seminar dengan membaca Basmallah bersama-sama dengan peserta seminar penelitian
2. Sambutan Ketua Panitia
Diawali dengan salam, penelitian tindakan kelas merupakan salah satu jenis PKB dalam bidang penyusunan karya ilmiah, sehingga setiap guru diharapkan dapat membuat dan menyeminarkan baik disekolahnya dengan mengundang sekolah-sekolah lain atau bisa diajang KKG. Dan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk peningkatan mutu pendidik dan kualitas pendidikan siswa. Diakhiri dengan salam.
3. Sambutan Kepala Sekolah
Pertama kali menyampaikan syukur kehadrat Allah SWT yang memberikan petunjuk dan kenikmatan kepada kita, sehingga pada hari ini dapat menyampaikan hasil penelitian tindakan kelas melalui kegiatan seminar. Penghargaan disampaikan kepada para peserta seminar karena dapat hadir untuk dapat  melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan. Disamping pula pentingnya peningkatan PKB untuk kemajuan dunia pendidikan dan untuk peningkatan karier guru yang bersangkutan. Selamat mengikuti kegiatan seminar ini.
4. Paparan singkat hasil penelitian oleh penyaji/ penulis laporan penelitian( bahan paparan terlampir)
5. Tanggapan, pertanyaan, kritik dan saran serta masukan dari peserta seminar dan tanggapan dari penyaji
Adapun pertanyaan , kritik saran dan masukan dari peserta terhadap hasil penelitian  dan taggapan dari penyaji adalah sebagai berikut



NO
Nama
Asal Instansi
Isi pertanyaan
Tanggapan Penyaji
1

Aris Dwi Surajab




SMP Panca Bakti Sendangharjo
Mengapa memilih pembelajaran kooperatif tipe jigsaw?


Karena model pembelajaran ini dapat mengkondisikan belajar dalam kelompok-kelompok untuk saling bertukar pengetahuan.
2

Wahyudi SE





SMPN 4 Satu atap Karangrayung
Apakah setiap silkus menggunakan materi yang sama
Tidak, pada dasarnya ptk disusun tidak harus menghambat jalannya kurikulum pembelajaran. Artinya materi pada tiap siklus saling berkelanjutan.
3










6. Penutup: moderator menutup kegiatan seminar penelitian dengan membaca hamdallah

                                                                                     Karangrayung, 15 Mei 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                   Panitia Seminar

Marko, S.Pd                                                                         Sigit Sulistiyanto, S.Pd
NIP 19630716 1984051001                                               NIP. 19841020 200902 1 006


jika ingin file word silahkan unduh disini
LihatTutupKomentar