format NOTULEN SEMINAR PTK
NOTULEN
JALANNYA ACARA
SEMINAR
LAPORAN HASIL PENELITIAN
Judul : “Upaya Meningkatan Aktivitas dan hasil Belajar
Siswa Materi Bangun Ruang sisi datar melalui
penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas
VIIIa SMPN 4 Satu Atap Karangrayung Tahun Pelajaran 2016/2017”
Hasil Karya : Eko
Suseno, S.Pd
Hari/Tanggal : 15
Mei 2017
Pukul : 12.00-
selesai
Tempat : Ruang
Kelas IX a SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Jalannya acara
seminar :
1 Pembukaan :
moderator membuka acara seminar dengan membaca Basmallah bersama-sama dengan
peserta seminar penelitian
2. Sambutan
Ketua Panitia
Diawali dengan
salam, penelitian tindakan kelas merupakan salah satu jenis PKB dalam bidang
penyusunan karya ilmiah, sehingga setiap guru diharapkan dapat membuat dan
menyeminarkan baik disekolahnya dengan mengundang sekolah-sekolah lain atau bisa
diajang KKG. Dan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk
peningkatan mutu pendidik dan kualitas pendidikan siswa. Diakhiri dengan salam.
3. Sambutan
Kepala Sekolah
Pertama kali
menyampaikan syukur kehadrat Allah SWT yang memberikan petunjuk dan kenikmatan
kepada kita, sehingga pada hari ini dapat menyampaikan hasil penelitian
tindakan kelas melalui kegiatan seminar. Penghargaan disampaikan kepada para
peserta seminar karena dapat hadir untuk dapat melaksanakan kegiatan pengembangan
keprofesionalan berkelanjutan. Disamping pula pentingnya peningkatan PKB untuk
kemajuan dunia pendidikan dan untuk peningkatan karier guru yang bersangkutan.
Selamat mengikuti kegiatan seminar ini.
4. Paparan
singkat hasil penelitian oleh penyaji/ penulis laporan penelitian( bahan
paparan terlampir)
5. Tanggapan,
pertanyaan, kritik dan saran serta masukan dari peserta seminar dan tanggapan
dari penyaji
Adapun
pertanyaan , kritik saran dan masukan dari peserta terhadap hasil
penelitian dan taggapan dari penyaji
adalah sebagai berikut
NO
|
Nama
|
Asal
Instansi
|
Isi
pertanyaan
|
Tanggapan
Penyaji
|
1
|
Aris
Dwi Surajab
|
SMP
Panca Bakti Sendangharjo
|
Mengapa
memilih pembelajaran kooperatif tipe jigsaw?
|
Karena
model pembelajaran ini dapat mengkondisikan belajar dalam kelompok-kelompok
untuk saling bertukar pengetahuan.
|
2
|
Wahyudi
SE
|
SMPN
4 Satu atap Karangrayung
|
Apakah
setiap silkus menggunakan materi yang sama
|
Tidak,
pada dasarnya ptk disusun tidak harus menghambat jalannya kurikulum
pembelajaran. Artinya materi pada tiap siklus saling berkelanjutan.
|
3
|
|
|
|
|
6. Penutup: moderator menutup kegiatan seminar
penelitian dengan membaca hamdallah
Karangrayung, 15 Mei 2017
Mengetahui
Kepala
Sekolah Panitia
Seminar
Marko, S.Pd Sigit
Sulistiyanto, S.Pd
NIP 19630716 1984051001 NIP. 19841020 200902 1
006
jika ingin file word silahkan unduh disini