-->

PTK bilangan bulat SMP kelas 7

PTK bilangan bulat SMP kelas 7


Tugas guru dalam memenuhi angka kredit  menjadi suatu keharusan jika tidak ingin pangkat golongannya terhenti. Salah satu syarat untuk bisa naik pangkat adalah kewajiban untuk membuat PTK yang baik. Kali ini kita akan berbagi pengalaman bapak Bayu salah seorang guru SMPN 3 Karangrayung yang berhasil membuat PTK dan jurnal untuk kenaikan pangkat. Penelitian Tindakan kelas y yang beliau tulis mengambil judul "metode pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan bilangan bulat untuk kelas 7.

Penelitian tindakan kelas ini di rasa perlu dilakukan karena ada permasalahan dalam pembelajaran bilangan bulat kelas 7 SMP. Kesulitan tersebut antara lain adalah siswa kesulitan dalam menangkap materi ajar bilangan bulat sehingga nilai pada materi bilangan bulat belum memenuhi KKM. Hal ini berakibat siswa merasa bahwa matematika itu sangat menakutkan sehingga setiap kali pembelajaran matematika berlangsung, siswa hanya duduk diam dan seolah tidak bermakna sama sekali. dari permasalahan tersebut setelah direfleksikan oleh pak Bayu beliau berusaha untuk menemukan akar penyebab permasalahan tersebut dan menemukan solusi yang tepat.

Metode yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar bilangan bulat kelas 7 adalah melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan penerapan metode reciprocal teaching.

Melalui penelitian ini Pak bayu berharap akan membawa manfaat untuk siswa, guru, dan sekolah pada umumnya. Bagi siswa harapannya siswa mampu mengoptimalkan belajar matematika. bagi guru harapannya hasil penelitian ini bisa menjadi acuan guru yang lain untuk melakukan hal yang sama.

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMPN 3 Karangrayung pada semester 1 kelas 7 materi bilangan bulat dengan alasan selain pak Bayu merupakan guru disekolah itu akan tetapi juga karena hati yang tergerak untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan matematika khususnya materi bilangan bulat kelas 7.

Hail penelitian yang beliau lakukan ternyata membawa hasil yang signifikan. hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat ini mengalami peningkatan dan secara keseluruhan siswa sebagaian besar sudah tuntas KKM. Oleh karena itu hasil yang menggembirakan ini harus di publikasikan kepada rekan rekan guru semua.

Anda bisa membaca lengkap hasil penelitian yang Pak Bayu lakukan dengan mengklik unduh dibawah ini.


Demikian artikel mengenai PTK bilangan bulat kelas 7 smp. semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar