DOWNLOAD PTK IPS KELAS IX
Nah kali ini untuk membantu bapak ibu yang ingin membuat PTK kami akan berikan contoh PTK yang lengkap dan insyaAllah sesuai dengan juknis PTK.
PTK ini berjudul : ”Implementasi Model Pembelajaran STAD dengan Multimedia Peta Dunia Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mapel IPS pada Siswa Kelas IX Tahun Pelajaran 2009-2010 di SMP Negeri 1 Wedung Kabupaten Demak”
Review sejenak. dan anda bisa download jika ingin file lengkapnya DI SISNI
Sudah semestinya kita sebagai seorang pendidik senantiasa mengembangkan kemampuan menulis karya tulis ilmiah. Banyak sekali manfaatnya bagi kita. Hasil penelitian yang jujur memberikan hasil yang baik untuk anak didik kita, prestasi belajar juga akan meningkat karena pemberian model pembelajaran yang beragam. Selan dari manfaat tersebut, kita juga bisa menggunakan hasil dari penelitian kita sebagai bahan penilaian angka kredit unsur PKB sub unsur karya tulis ilmiah.
Tapi membuat PTK tidaklah mudah seperti kita membalikan telapak tangan, tak jarang banyak guru yang malas menulis ingin cepat selesai sehingga menyewa jasa pembuatan PTK atau karya tulis ilmiah. Hal ini merupakan tindakan yang tidak jujur dan cenderung menurut saya mengkerdilkan kemampuan kita sendiri. Bukankah niat kita adalah mendidik anak bangsa agar bangsa kita menjadi bangsa maju? Bukankah kita menyuruh anak selalu berbuat jujur? lalu kenapa kita harus melakukan ketidak jujuran?. Hmmm akan menjadi ironi bukan?
Bapak Ibu membuat PTK jika diniati dari hati tidaklah begitu sulit. Pertama kita lihat saja dulu contoh PTK yang benar, kemudian pikirkan materi apa yang akan kita gunakan sebagai objek penelitian. Masalah masalah atau kendala kendala apa yang timbul dari siswa saat pemberian materi tersebut, contohnya hasil belajar yang rendah, siswa tidak mau aktif dalam pembelajaran dan lain sebagainya. langkah berikutnya susunlah rencana penelitian, cari informasi yang relevan di simbah GOOGLE. dan lakukan!!
Nah kali ini untuk membantu bapak ibu yang ingin membuat PTK kami akan berikan contoh PTK yang lengkap dan insyaAllah sesuai dengan juknis PTK.
PTK ini berjudul : ”Implementasi Model Pembelajaran STAD dengan Multimedia Peta Dunia Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mapel IPS pada Siswa Kelas IX Tahun Pelajaran 2009-2010 di SMP Negeri 1 Wedung Kabupaten Demak”
Review sejenak. dan anda bisa download jika ingin file lengkapnya DI SISNI
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan tidak lagi hanya dilihat dari dimensi rutinitas, melainkan harus
diberi makna mendalam dan bernilai bagi perbaikan kinerja pendidikan sebagai
salah satu instrumen utama pengembangan sumber daya manusia dengan multi
kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Keberhasilan belajar yang dicapai
peserta didik dapat dilihat pada hasil belajar mencakup ujian, tugas-tugas dan
pengamatan.
Pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas merupakan salah satu tugas utama
guru, tetapi dalam proses pembelajaran masih sering ditemui adanya
kecenderungan meminimalkan keterlibatan siswa. Dominasi guru dalam proses
pembelajaran menyebabkan kecenderungan siswa lebih bersifat pasif, sehingga
mereka lebih banyak menunggu sajian guru daripada mencari dan menemukan sendiri
pengetahuan, keterampilan atau sikap yang mereka butuhkan.
Selama ini proses pembelajaran mata pelajaran IPS yang ditemui masih
bersifat konvensional, seperti ekspositori, drill bahkan ceramah melulu. Proses
ini hanya menekankan pada pencapaian tuntutan kurikulum dan penyampaian
tekstual semata daripada mengembangkan kemampuan belajar dan membangun
individu. Kondisi seperti ini tidak menumbuhkembangkan aspek kemampuan dan
aktivitas siswa seperti yang diharapkan. Akibatnya nilai-nilai yang didapat
tidak seperti yang diharapkan.
Memperhatikan pembelajaran Mata Pelajaran IPS (Geografi) di kelas IX dengan
materi dominan tentang kajian kawasan dunia (geografi regional) memberikan
penjelasan bahwa metode yang digunakan guru hendaknya tidak cenderung monoton,
sehingga tidak menimbulkan kejenuhan. Faktor lainnya adalah kurangnya
penggunaan media pembelajaran yang lebih interaktif dan dapat memperjelas
pemahaman konsep. Secara garis besar kelemahan tersebut karena kurangnya
kerjasama antara siswa dalam menyelesaikan masalah, masih monotonnya
pembelajaran yang digunakan dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang
interaktif.
Fenomena ini terjadi pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wedung Kabupaten
Demak dalam mempelajari materi IPS tentang kajian kawasan dunia (persebaran
negara maju dan berkembang) yang sudah dipelajari sebelumnya. Proporsi
kesalahan terbesar yang sering ditemui pada siswa ketika harus menunjukkan pada
Peta Dunia tentang persebaran negara-negara di dunia. Kemampuan dalam mencari letak Benua, Samudera dan
Negara-negara merupakan kunci utama untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Kelemahan ini dialami bukan semata-mata karena rendahnya kemampuan anak dalam
memahami Peta Dunia saja, namun karena kurangnya kerjasama antar siswa dalam
memecahkan masalah.
Secara garis besar kelemahan tersebut karena kurangnya kerjasama antara
siswa dalam menyelesaikan masalah, masih monotonnya pembelajaran yang digunakan
dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif.
Permasalahan
Berdasarkan latar belakang permasalahan
yang ada, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana implementasi
model pembelajaran STAD dengan Multimedia Peta Dunia dapat meningkatkan
aktivitas belajar Mata Pelajaran IPS pada
siswa kelas IX Tahun Pelajaran 2009 – 2010 di SMP Negeri 1 Wedung Kabupaten
Demak ?
2. Apakah model pembelajaran
STAD dengan Multimedia Peta Dunia dapat meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran
IPS pada siswa kelas IX Tahun Pelajaran 2009 - 2010 di SMP Negeri 1 Wedung Kabupaten Demak ?
Tujuan Penelitian
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah :
1. Untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran STAD dengan
multimedia Peta Dunia dapat meningkatkan aktivitas belajar Mata Pelajaran
IPS pada siswa kelas IX Tahun Pelajaran
2009 - 2010 di SMP Negeri 1 Wedung Kabupaten Demak.
2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Mata Pelajaran IPS pada siswa
kelas IX yang menggunakan model pembelajaran STAD dengan multimedia Peta Dunia
di SMP Negeri 1 Wedung Kabupaten Demak.
Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi siswa, guru dan
sekolah :
a. Meningkatkan tanggung jawab perseorangan,
karena dalam metode pembelajaran STAD masing-masing siswa mendapat tugas satu
materi tertentu dan harus menjelaskan pada kelompoknya.
b. Meningkatkan rasa harga diri, motivasi belajar,
mengurangi sifat apatis, mengurangi perilaku yang mengganggu, meningkatkan
perbaikan diri, dan sikap saling membantu pada siswa, karena mereka bekerja
dalam kelompok yang memiliki tujuan yang sama.
c. Meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran IPS
kelas IX SMP terutama pada kompetensi kajian kawasan dunia.
d. Mendapatkan suatu strategi pembelajaran IPS
sebagai suatu alternatif dalam upaya mengaktifkan siswa dalam pembelajaran dan
meningkatkan hasil belajar siswa.
e. Membantu guru untuk melaksanakan kurikulum dan
kegiatan belajar mengajar secara efektif dan efisien.