setelah posting sebelumnya tentang kerangka Bab I Pendahuluan dan Bab 2 landasan Teoritis kali ini kita akan bagikan kerangka bab III yang benar sesuai dengan Juknis Pembuatan PTK untuk penilaian angka Kredit PKB.
BAB III
METODE
PENELITIAN
A. Lokasi dan Waktu Penelitian
Penelitian
tindakan kelas tentang (diisi judul)....................
dilaksanakan
di kelas..........SMP........ pada semester ............ tahun pelajaran
................. yakni pada bulan................sampai dengan ...........
sesuai program semester yang dibuat.
B.
Subjek Penelitian
Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas ........ tahun pelajaran ............ yang
berjumlah ............ peserta didik yang terdiri dari ............... peserta didik putra dan ............. peserta didik putri.
C. Teknik
Pengumpulan Data & Instrumen Penelitian
Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan tes pengukuran
hasil belajar siswa.
Instrumen
pengumpul data meliputi:
(1) Pedoman observasi dan
pengamatan (observasi), sebagai data untuk melihat kondisi guru ........ dalam melaksanakan
kegiatan belajar mengajarnya.
(2) Pedoman
wawancara, sebagai alat untuk mengetahui informasi lebih mendalah secara
individual.
(3) Instrumen penilaian (soal tes) hasil belajar siswa,
sebagai salah satu indikator keberhasilan belajar mengajar guru.
(4)
Alat-alat dokumentasi seperti kamera
sebagai perekam data-data penelitian yang dibutuhkan.
D. Teknik Analisis Data
Data yang
terkumpul dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis kategorial dan
fungsional melalui model analisis interaktif (interactive model), yakni
analisis yang dilakukan melalui empat komponen analisis: reduksi data,
penyandian, dan verifikasi dilakukan secara simultan. Data kuantitatif
dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
F. Validitas Data
Untuk memeriksa keabsahan data yang diperoleh, dalam penelitian ini
digunakan teknik triangulasi. Menurut Moleong
(2000:178), triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang
memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau
sebagai pembanding terhadap data itu. Menurut Denzin,1978 dalam Moleong (2000:178), ada empat macam
triangulasi yaitu triangulasi dengan memanfaatkan penggunaan sumber,metode,penyidik , dan teori.
Menurut Patton dalam Moleong ( 2000:178) triangulasi dengan sumber berarti membandingkan dan
mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu
dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif. Hal ini dapat dilakukan dengan
jalan: (1) membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, (2)
membandingkan apa yang dikatakan di depan umum dengan apa yang dikatakan secara pribadi, (3)
membandingkan apa yang dikatakan orang-orang tentang situasi penelitian dengan
apa yang dikatakannya sepanjang waktu, (4) membandingkan keadaan dan perspektif
seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang, dan (5) membandingkan
hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan.
Triangulasi dengan metode dapat
menggunakan dua strategi yaitu : (1) pengecekan derajat kepercayaan penemuan
hasil penelitian beberapa teknik pengumpulan data dan (2) pengecekan derajat
kepercayaan beberapa sumber data dengan metode yang sama.
Triangulasi dengan penyidik
adalah dengan memanfaatkan peneliti atau pengamat lain untuk keperluan
pengecekan kembali derajat kepercayaan data.
Triangulasi dengan teori,
menurut Lincoln dan Guba dalam
Moleong (2000:178) berpendapat
bahwa fakta tertentu tidak dapat diperiksa derajat kepercayaannya dengan satu
atau lebih teori.
Dalam penelitian ini model triangulasi yang digunakan adalah dengan
sumber, metode, dan waktu. Artinya dari data yang sama diuji dengan sumber,
metode, dan waktu yang berbeda.
G. Indikator Keberhasilan
Indikator
keberhasilan yang digunakan untuk menilai perkembangan/peningkatan hasil
belajar meliputi 2 aspek yaitu aspek kuantitatif dan aspek kualitatif.
1. Aspek
Kuantitatif
Aspek
kuantitatif dimaksud adalah berupa peningkatan ................ Hasil tersebut
dapat dilihat dari perkembangan ketuntasan belajar antarsiklus dengan standar
minimal nilai .............
2. Hasil Kualitatif
Aspek
kualitatif dimaksud adalah perubahan sikap dan motivasi yang diperoleh sebagai akibat kegiatan
pembelajaran. Aspek ini dapat dilihat dari perkembangan sikap dan motivasi
siswa dalam mengikuti pembelajaran.
H. Desain Penelitian Tindakan
Penelitian ini
dilaksanakan dengan menggunakan disain penelitian tindakan (action research)
yang dirancang melalui dua siklus melalui prosedur: (1) perencanaan (planning),
(2) pelaksanaan tindakan (action), (3) pengamatan (observation), (4)
refleksi (reflecsion) dalam tiap-tiap siklus.
Keterangan:
P =
Perencanaan O = Observasi
T = Tindakan R = Refleksi
(Sumber: S
Kemmis and R McTaggart, 1986)
F. Prosedur Penelitian
Prosedur
penelitian ini yang dilaksanakan dengan dua siklus. Tahap-tahapannya seperti
dalam diuraikan berikut ini.
1. Siklus I
a. Perencanaan (Planning)
Dalam tahap perencanaan disiapkan hal-hal sebagai
berikut: (a) menyiapkan bahan, inventarisasi kebutuhan dan inventarisasi
masalah/kesulitan dalam pembelajaran ............., (b) berdiskusi dengan kolaborator
tentang hal-hal yang dapat dilakukan untuk peningkatan .............., (c) menyiapkan jadwal
pelaksanaan penelitian, dan (d) menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam
penelitian.
b. Pelaksanaan Tindakan (Action)
Pada tahap ini
dilaksanakan pemberian tindakan dalam pembelajaran sesuai jadwal yang telah
direncanakan. Hal yang diperhatikan dalam tahap ini adalah: (a) menyusun
rencana pembelajaran: menyiapkan metode, membuat media belajar, menyiapkan
sumber belajar, dan menyiapkan alat evaluasi. (b) pelaksanaan pembelajaran
sesuai dengan langkah-langkah dalam RPP. (c) melaksanakan evaluasi hasil
belajar siswa.
c. Pengamatan (Observation)
Pengamatan
dilakukan pada setiap tahap penelitian, mulai dari tahap perencaaan dan
pelaksanaan tindakan, kejadian dan hal-hal yang terjadi direkam dalam bentuk
catatan-catatan hasil observasi, dan didokumentasikan sebagai data-data penelitian.
d. Refleksi (Reflection)
Pada akhir
tiap siklus diadakan refleksi berdasarkan data observasi, dengan Refleksi ini
dimaksudkan agar peneliti dapat melihat apakah tindakan yang dilakukan dalam
penelitian ini dapat meningkatkan ......................, kendala-kendala apa yang
menghambat, faktor apa saja yang menjadi pendorong, dan alternatif apa sebagai
solusinya. Pada penelitian ini refleksi yang dilakukan adalah proses selama
pembelajaran dan hasil belajar siswa.
2. Siklus II
Kegiatan tindakan pada siklus II didasarkan atas
temuan-temuan hasil dari siklus I, adapun langkah-langkah tindakan yang
dilakukan sama dengan pada siklus I.
UNTUK CONTOH LENGKAPNYA BISA ANDA download disini